Training PPh 21

Training PPh 21

Training PPH 21
Training PPH 21 Oleh Info Jasa
  • Bogor, 23-24 November  2021
  • Jakarta, 1-2 Desember 2021
  • Depok, 20-21 Desember 2021

Latar Belakang

Training PPh 21 oleh Info Jasa Pada tanggal 18 April 2013 telah terbit peraturan baru PER-14/PJ./2013 tentang Bentuk, isi, Tata Cara Pengisian dan Penyampaian SPT Masa PPh Pasal 21/Pasal 26 serta bentuk Bukti Potong PPh Pasal 21/Pasal 26. Form SPT Masa baru tersebut mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2014. Adapun mengenai Tata Cara Perhitungan PPh Pasal 21 masih menggunakan PER-31.PJ.2012 tentang Pedoman Teknis Pelaporan PPh pasal 21/26.

Training PPh 21 ini membahas tentang beberapa perubahan diantaranya: penomoran Bukti Potong PPh Pasal 21 diseragamkan dengan format yang telah ditentukan dan cara Pelaporan SPT masa PPH pasal 21 dgn e-SPT (Format utk pegawai tetap, pegawai penerima pensiun, bukti potong pegawai Non Final, dan Bukti potong Final).

Beberapa masalah yang sering muncul dalam praktik penghitungan pajak adalah:

  • Penentuan pegawai tetap dan pegawai tidak tetap;
  • Penentuan kesinambungan dan tidak berkesinambungan;
  • Klasifikasi penghasilan teratur dan tidak teratur;
  • Pembedaan objek PPh Pasal 21 dan 23 atas jasa;
  • Pengoperasian eSPT untuk wajib pajak yang belum diwajibkan oleh KPP;
  • Bagaimana menghindari kelebihan bayar PPh Pasal 21; dan
  • Bagaimana meningkatkan tax saving dari PPh 21.

Tujuan Training PPh 21

Diharapkan setelah mengikuti Pelatihan di Mitra Prima peserta mampu:

  • Mampu melakukan penghitungan SPT PPh Pasal 21 dengan efektif dan efisien.
  • Mengetahui dan memahami peraturan-peraturan terbaru terkait dengan masalah PPh 21 sehingga dapat melakukan trik dan tips dalam perhitungan PPh Pasal 21 Masa.
  • Mengetahui dan memahami ketentuan perpajakan yang menyangkut penentuan objek, cara menghitung dan meneribitkan bukti potong.

Materi Training PPh 21

Berikut ini materi yang diajarkan oleh team trainer Mitra Prima, yaitu:

  • Konsep penghitungan PPh Pasal 21 dan Tax Planningnya.
  • Pembahasan PER-14/PJ./2013 yang berisi formulir-formulir yang wajib dilampirkan Wajib Pajak dalam SPT, kewajiban menggunakan e-SPT bagi Wajib Pajak yang melakukan pemotongan PPh 21 karyawan.
  • Menghitung dan melaporkan PPh 21 ke SPT Masa secara rinci per karyawan setiap bulannya, Menyertakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dalam bukti potong, kewajiban melampirkan daftar biaya bagi Wajib Pajak Cabang/lokasi. Dan perubahan lainnya.
  • Praktek Program Excel PPh 21 dan Jamsostek.

Mencakup penghitungan PPh 21 karyawan dan non karyawan dengan berbagai macam variasinya seperti:

  • Menerima penghasilan teratur dan tidak teratur dan tidak teratur
  • PPh 21 dipotong, ditanggung, atau di Gross-Up
  • Pegawai masuk atau berhenti tengah tahun, untuk WNI atau WNA, pegawai pindahan maupun pindah cabang
  • Mencetak form 1721-A1 seluruh karyawan dengan cepat (mail-merge)
  • Mencetak SPT Masa beserta seluruh lampiran-lampirannya
  • Membuat e-SPT PPh 21 melalui impor data
  • Bisa memantau kekurangan dan kelebihan PPh 21 sampai saat ini dari yang sudah dilakukan (SPT) dengan yang seharusnya.

Instruktur/Trainer

Info Jasa Consultant & Team.

Note:

Setiap peserta diharapkan membawa laptop masing-masing karena akan dibagikan soft file latihan perhitungan PPh Pasal 21 dalam format excel, dimana soft file tersebut dapat digunakan untuk menghitung PPh 21 di perusahaan.

Target Peserta Training PPh 21

  • Direkur Keuangan
  • Manajer Keuangan
  • Manajer Pajak
  • Spesialis Pajak
  • Kepala Akuntansi
  • Kepala Administrasi
  • Manajer Akuntasi
  • Akuntan
  • Staff Keuangan
  • Pengontrol Keuangan
  • Staff Akuntasi

Durasi Pelatihan

  • Offline 2 hari (efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.
  • Online 1 hari (efektif 7 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Biaya Pelatihan

Offline: Rp. 5.000.000/peserta 2 hari pelatihan (Minimal running 2-3 orang peserta)

Online: Rp. 2.500.000/peserta 1 hari pelatihan full materi (Minimal running 3-5 orang peserta)

Fasilitas Pelatihan

  • Sertifikat,
  • Modul (Hard/Soft Copy),
  • Training Kit,
  • Jacket,
  • 1X Lunch,
  • 2X Coffe Break/hari,
  • Foto Bersama Seluruh Peserta, dan Pelatihan dilaksanakan di hotel berbintang.

Tempat Pelatihan

  • Jakarta, 6-7 Februari 2024
  • Bogor, 13-14 Februari 2024
  • Bandung, 20-21 Februari 2024
  • Yogyakarta, 27-28 Februari 2024
  • Jakarta, 5-6 Maret 2024
  • Bogor, 14-15 Maret 2024
  • Bandung, 18-19 Maret 2024
  • Yogyakarta, 26-27 Maret 2024
  • Jakarta, 2-3 April 2024
  • Bogor, 8-9 April 2024
  • Bandung, 18-19 April 2024
  • Yogyakarta, 22-23 April 2024
  • Depok, 24-25 April 2024
  • Jakarta, 2-3 Mei 2024
  • Bogor, 6-7 Mei 2024
  • Bandung, 14-15 Mei 2024
  • Yogyakarta, 20-21 Mei 2024
  • Depok, 28-29 Mei 2024

Informasi Lebih Lanjut

Marketing Office:

Phone/Fax : 021-7715137

Mobile: +62 821-2443-2399 – Achmad

Email:
layanan@infojasa.co.id

Website:
www.infojasa.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Training Cash Flow and Treasury Management
Next post Training Standard Operating Procedure