Tanya

Terkait upload foto produk untuk pangan olahan impor, apakah label yang beredar harus sama persis dengan produk sebagaimana foto yang diupload?

Secara umum rancangan label yang diajukan harus memiliki kesamaan dengan produk dari negara pabrik asal (dilihat dari foto produk yang diupload) hanya saja untuk produk yang akan diedarkan di Indonesia harus mengacu pada ketentuan yang tertuang pada pedoman Label dan Iklan Pangan.

Untuk rancangan label yang berbeda dari foto produknya, maka harus melampirkan surat keterangan dari produsen bahwa label yang beredar di Indonesia merupakan label khusus yang dipasarkan di Indonesia.

Untuk produk impor, apakah labelnya harus mencantumkan informasi dalam Bahasa Indonesia?

Ya, semua pangan olahan yang beredar di Indonesia harus mencantumkan informasi dalam bahasa Indonesia, sekurang-kurangnya: nama dagang (jika ada), nama jenis, berat/isi bersih, nama dan alamat pabrik asal dan importir, serta BPOM RI ML…., komposisi, kode produksi dan keterangan kadaluwarsa, dan jika ada: petunjuk penggunaan, petunjuk penyimpanan, Tabel ING, dan Bobot tuntas. Keterangan lain yang dinilai menyesatkan harus dihapus.

Apakah produk dengan rancangan label bagian belakang yang berbeda dapat didaftarkan dengan satu nomor aju?

Boleh, asalkan bagian utama label memiliki desain yang sama.

Contoh: produk yang mencantumkan resep masakan yang berbeda-beda

Untuk kemasan ganda apakah yang wajib dicantumkan pada label kemasan primer?

Kemasan primer yang tidak dijual eceran tidak wajib mencantumkan informasi pada label, Jika kemasan primer mencantumkan rancangan label, maka informasi yang tercantum merujuk pada kemasan sekundernya.

Bagaimana jika keterangan pada label tercantum dalam Bahasa selain Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris?

Untuk label produk yang hanya mencantumkan informasi dalam bahasa selain                                     bahasa Indonesia dan/atau bahasa Inggris harus melampirkan label yang                                   diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah.

Keterangan apa sajakah yang harus tercantumkan pada label pangan?

  1. Label Pangan wajib memuat paling sedikit keterangan mengenai:
    • nama produk;
    • daftar bahan yang digunakan;
    • berat bersih atau isi bersih;
    • nama dan alamat pihak yang memproduksi atau mengimpor;
    • halal bagi yang dipersyaratkan;
    • tanggal dan kode produksi;
    • tanggal, bulan, dan tahun kedaluwarsa;
    • nomor izin edar bagi Pangan Olahan; dan
    • asal usul bahan Pangan tertentu.
  2. Keterangan sebagaimana dimaksud pada huruf a, huruf c, huruf d, dan huruf h wajib ditempatkan pada bagian Label yang paling mudah dilihat, diamati, dan/atau dibaca.

Apa itu SJPH

Sistem Jaminan Produk Halal

Apa itu ISO

ISO adalah internasional