Training Asesmen Pasien (AP) yang Efektif dalam Menuju Standar Kreditasi Rumah Sakit

Training Asesmen Pasien (AP)
Training Asesmen Pasien
Training Asesmen Pasien

Latar Belakang

Training Asesmen Pasien (AP) Yang Efektif Dalam Menuju Standar Areditasi Rumah Sakit oleh INFO JASA. Bila memperhatikan kondisi pasien, umur, kebutuhan kesehatan, dan permintaan atau referensinya. Proses-proses ini paling efektif dilaksanakan untuk para professional kesehatan yang bertanggung jawab atas pasien.

Asesmen pasien diatur oleh undang-undang dan peraturan kesehatan yang berlaku di masing-masing negara. Di Indonesia, asesmen pasien diatur dalam berbagai peraturan dan kebijakan kesehatan, seperti

  • Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek,
  • Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 67 Tahun 2020 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, dan
  • Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 5 Tahun 2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Asesmen pasien biasanya mencakup evaluasi fisik, psikologis, dan sosial pasien oleh tenaga kesehatan untuk menentukan diagnosis dan perencanaan perawatan. Selain itu, asesmen pasien juga dilakukan untuk mengevaluasi respons pasien terhadap perawatan yang diberikan dan membuat perubahan pada perencanaan perawatan jika diperlukan.

Proses Asesmen Pasien yang Efektif akan menghasilkan keputusan tentang pengobatan pasien yang harus segera dilakukan dan kebutuhan pengobatan berkelanjutan untuk emergensi, efektif atau pelayanan terencana, bahkan ketika kondisi pasien berubah. Proses asesmen pasien adalah proses yang terus menerus dan dinamis yang digunakan pada sebagian besar unit kerja rawat inap rawat jalan.

Tujuan Training Asesmen Pasien

  • Peserta harus mengumpulkan informasi dari data keadaan fisik, psikologis, social dan riwayat kesehatan pasien.
  • Peserta harus menganalisis informasi dan data, termasuk hasil laboratorium dan  imajing diagnostic (radiologi) untuk mengidentifikasi kebutuhan pelayanan kesehatan pasien.
  • Peserta diharapkan dapat membuat rencana pelayanan untuk memenuhi semua kebutuhan pasien yang telah diidentifikasi.

Target Peserta Training Asesmen Pasien

Dokter, perawat, staff rumah sakit, petugas kesehatan yang terkait dengan asesmen pasien yang efektif dan petugas kesehatan yang berkaitan dengan akreditasi rumah sakit.

Materi Training Asesmen Pasien

  • Asesmen awal yang Baku : fisik, psikologis, sosial, dan riwayat kesehatan pasien
  • Asesmen Ulang pada interval tertentu
  • Kompetensi Staf Rumah Sakit dalam melaksanakan Asesmen Awal dan Asesmen Ulang
  • Tanggung jawab dan Kerja sama Staf Medis, Keperawatan dan Staf lainnya dalam analisa dan integrasi asesmen pasien
  • Analisis Informasi dan Data, termasuk hasil Laboratorium, Radiologidan Imajing Diagnostic untuk mengidentifikasi kebutuhan pelayanan kesehatan.
  • Membuat Rencana Pelayanan untuk memenuhi semua kebutuhan Pasien yang telah di identifikasi.

Fasilitas Training Asesmen Pasien

  • Hard / Soft Copy Materi Training
  • Sertifikat Training dari INFO JASA
  • Jacket
  • 2x coffee break
  • Makan Siang

Instruktur/Trainer

  • INFO JASA Consultant & Team.

Durasi Training Asesmen Pasien:

  • 2 hari (efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

Biaya Pendaftaran  Training Asesmen Pasien

  • IDR 4.000.000 (tidak termasuk biaya akomodasi dan transportasi)
  • Peserta minimal 3-4 orang, sudah bisa running
  • Rp. 2.000.000/peserta 1 hari pelatihan full materi (khusus Online Training dengan minimal running 3-5 peserta)

Tempat Training Asesmen Pasien:

  • Bogor , 3-4 april 2023
  • Bandung , 11- 12 april 2023
  • Depok , 2-3 mei 2023
  • Jogya ,9-10 mei 2023
  • Jakarta, 5-6 juni 2023
  • Bogor , 10- 11 juni 2023
  • Bandung , 3-4 juli 2023
  • Depok, 6-7 juli 2023
  • Jogya ,1-2 agustus 2023
  • Jakarta ,7-8 agustus 2023
  • Bogor , 4-5 september 2023
  • Bandung , 11-12 september 2023
  • Depok , 2-3 oktober 2023
  • Jogya , 8-9 oktober 2023
  • Jakarta , 1-2 november 2023
  • Bogor , 7-8 november 2023
  • Bandung , 4-5 desember 2023
  • Depok , 11-12 desember 2023

Tempat dan waktu bisa diubah, dengan menghubungi Staff Online Marketing

Informasi Lebih Lanjut

Marketing Office:

Phone/Fax : 021-7715137

Mobile       : +62 821-2443-2399 – Achmad

Email:
layanan@infojasa.co.id

Website:
www.infojasa.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Pelatihan Teknis Manajemen Nyeri Bagi Perawat
Next post Training Audit Operasional Rumah Sakit