Konsultan SNI (Standar Nasional Indonesia)

Konsultan SNI (Standar Nasional Indonesia)

Konsultan SNI (Standar Nasional Indonesia)

konsultan SNI adalah suatu jasa yang banyak dibutuhkan perusahaan. Dengan mendapatkan sertifikat SNI, suatu perusahaan akan lebih mudah untuk memproduksi suatu barang.

Sebelum membahas jasa konsultan SNI lebih jauh, tak salahnya Anda memahami lebih jauh tentang pengertian SNI. Standar Nasional Indonesia atau disingkat SNI adalah standar yang ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan berlaku di Indonesia. Standar ini dirumuskan oleh pihak khusus, yakni Komite Teknis Perumusan SNI. Yuk untuk ingin lebih tau kita simak bareng.

Pendahuluan

Standar Nasional Indonesia (SNI) adalah sebuah peraturan teknis yang dibuat oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) Indonesia dan diakui secara resmi oleh pemerintah Indonesia. SNI adalah standar yang mengatur tentang spesifikasi, prosedur, kriteria, atau pedoman yang harus dipenuhi oleh produk, layanan, atau sistem tertentu agar dapat diakui sebagai produk atau layanan yang berkualitas tinggi.

SNI dibuat untuk memenuhi kebutuhan untuk standar yang seragam dan berkualitas tinggi dalam produksi, kualitas, keamanan, dan lingkungan hidup. Standar ini juga bertujuan untuk melindungi konsumen, meningkatkan kualitas produk dan layanan, serta memperkuat daya saing produk dan layanan Indonesia di pasar domestik dan internasional.

Standar Nasional Indonesia mencakup berbagai bidang, termasuk industri manufaktur, pertanian, pangan, kesehatan, lingkungan, transportasi, konstruksi, dan lain-lain. Standar-standar ini dikembangkan oleh komite teknis yang terdiri dari para ahli dan praktisi di bidang yang bersangkutan, dan melalui proses konsultasi dan validasi publik.

Sejarah Singkat Tentang SNI (Standar Nasional Indonesia)

Sejarah SNI dimulai pada tahun 1971 ketika pemerintah Indonesia membentuk Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai lembaga yang bertanggung jawab untuk memfasilitasi pembentukan dan pengembangan standar di Indonesia. Pada tahun 1984, pemerintah Indonesia mengeluarkan UU No. 5 tentang Industri, yang memberikan mandat kepada BSN untuk menetapkan SNI. Kemudian pada tahun 1992, pemerintah Indonesia mengeluarkan UU No. 7 tentang Merek dan Indikasi Geografis, yang mewajibkan penggunaan SNI pada beberapa produk tertentu.

Sejak saat itu, penggunaan SNI semakin diperluas untuk berbagai produk dan jasa di Indonesia, termasuk makanan dan minuman, obat-obatan, alat kesehatan, kendaraan bermotor, bangunan, dan lain sebagainya. Saat ini, BSN telah menetapkan lebih dari 9.000 standar untuk berbagai produk dan jasa, dan terus mengembangkan standar baru untuk mengikuti perkembangan teknologi dan industri.

Manfaat SNI (Standar Nasional Indonesia)

  • Melindungi konsumen
  • Meningkatkan daya saing industry
  • Meningkatkan efisiensi produksi
  • Meningkatkan kualitas dan keamanan lingkungan
  • Meningkatkan kepercayaan masyarakat
  • Meningkatkan perlindungan hukum

Peraturan Undang-Undang (UU) tentang Standar Nasional Indonesia (SNI) di Indonesia:

Peraturan-peraturan tersebut bersifat spesifik dan melengkapi UU tentang SNI sebagai landasan hukum utama dalam penetapan dan penggunaan SNI di Indonesia.

Untuk Sobat InfoJasa Masih Ingin lebih jelas:

Informasi lanjut

Konsultan : https://wa.me/6282124432399
Email: layanan.infojasa@gmail.com
Website: www.infojasa.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Konsultan ISO 9001 (Mengenal Standard Mutu Indonesia)
Next post Konsultan Merek